PSIKOTES
IST – TES INTELEGENSI
Berikut adalah
psikotes yang sering digunakan oleh banyak perusahaan multinasional dan BUMN
sebagai pengukuran tingkat intelegensi (IST) untuk seleksi rekrutmenkandidat
karyawan.Ada 9 (sembilan) sub tes yang harus Anda selesaikan dalam waktu yang
telah disediakan. Mari kita lihat apa saja tes tersebut.
Sub test 1 : Tes Pengetahuan Umum
Pada setiap kalimat satu kata hilang dan disediakan 5 (lima) kata pilihan sebagai jawabannya.
Pilihlah kata yang tepat yang dapat menyempurnakan kalimat itu !
Pada setiap kalimat satu kata hilang dan disediakan 5 (lima) kata pilihan sebagai jawabannya.
Pilihlah kata yang tepat yang dapat menyempurnakan kalimat itu !
Contoh :
Seekor kuda mempunyai kesamaan terbanyak dengan seekor …………..
A. kucing B. bajing C. keledai D. lembu E. anjing
Jawaban yang benar adalah : C. keledai
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban C. keledai
Seekor kuda mempunyai kesamaan terbanyak dengan seekor …………..
A. kucing B. bajing C. keledai D. lembu E. anjing
Jawaban yang benar adalah : C. keledai
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban C. keledai
Contoh berikutnya :
Lawannya “harapan” adalah…………..
A. duka B. putus asa C. sengsara D. cinta E. benci
Jawaban yang benar adalah : B. putus asa
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban B. Putus Asa
Lawannya “harapan” adalah…………..
A. duka B. putus asa C. sengsara D. cinta E. benci
Jawaban yang benar adalah : B. putus asa
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban B. Putus Asa
Sub test 2 : Tes Kesamaan Kata
Ditentukan lima kata.
Pada 4 dari 5 kata itu terdapat suatu kesamaan.
Carilah satu kata yang tidak memiliki kesamaan dengan keempat kata yang lain.
Pada 4 dari 5 kata itu terdapat suatu kesamaan.
Carilah satu kata yang tidak memiliki kesamaan dengan keempat kata yang lain.
Contoh:
A. meja
B. kursi
C. burung
D. lemari
E. tempat tidur
A. meja
B. kursi
C. burung
D. lemari
E. tempat tidur
Meja, kursi, lemari, dan tempat tidur adalah perabot rumah, sedangkan “burung” bukanlah perabot rumah yang tidak memiliki kesamaan dengan keempat kata yang lain.
Jawaban yang benar adalah : burung
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban C. burung
Contoh berikutnya:
A. duduk
B. berbaring
C. berdiri
D. berjalan
E. berjongkok
Pada duduk, berbaring, berdiri dan berjongkok adalah yang orang berada dalam keadaan tidak bergerak, sedangkan “berjalan” orang berada dalam keadaan bergerak.
Jawaban yang benar adalah : berjalan
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban D. berjalan
A. duduk
B. berbaring
C. berdiri
D. berjalan
E. berjongkok
Pada duduk, berbaring, berdiri dan berjongkok adalah yang orang berada dalam keadaan tidak bergerak, sedangkan “berjalan” orang berada dalam keadaan bergerak.
Jawaban yang benar adalah : berjalan
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban D. berjalan
Sub test 3 : Tes Hubungan Kata
Ditentukan tiga kata.
Antara kata pertama dan kata kedua terdapat suatu hubungan tertentu.
Antara kata ketiga dan salah satu kata di antara kelima kata pilihan, harus pula terdapat hubungan yang sama.
Carilah kata itu.
Antara kata pertama dan kata kedua terdapat suatu hubungan tertentu.
Antara kata ketiga dan salah satu kata di antara kelima kata pilihan, harus pula terdapat hubungan yang sama.
Carilah kata itu.
Contoh:
Hutan : pohon = tembok : ?
A. batu bata
B. rumah
C. semen
D. putih
E. dinding
Hubungan antara hutan dan pohon adalah bahwa hutan terdiri atas pohon-pohon, maka hubungan antara tembok dan salah satu kata pilihan adalah bahwa tembok terdiri atas batu bata.
Jawaban yang benar adalah : batu bata
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban A. batu bata.
Hutan : pohon = tembok : ?
A. batu bata
B. rumah
C. semen
D. putih
E. dinding
Hubungan antara hutan dan pohon adalah bahwa hutan terdiri atas pohon-pohon, maka hubungan antara tembok dan salah satu kata pilihan adalah bahwa tembok terdiri atas batu bata.
Jawaban yang benar adalah : batu bata
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban A. batu bata.
Contoh berikutnya:
Gelap : terang = basah : ?
A. hujan
B. hari
C. lembab
D. angin
E. kering
Gelap adalah lawan kata dari terang, maka untuk basah lawan katanya adalah kering.
Jawaban yang benar adalah : kering
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban A. kering
Gelap : terang = basah : ?
A. hujan
B. hari
C. lembab
D. angin
E. kering
Gelap adalah lawan kata dari terang, maka untuk basah lawan katanya adalah kering.
Jawaban yang benar adalah : kering
Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban A. kering
Sub test 4 : Tes Pengertian Kata
Ditentukan dua kata.
Carilah satu perkataan yang meliputi pengertian kedua kata tadi.
Tulislah perkataan itu pada kotak yang telah disediakan.
Carilah satu perkataan yang meliputi pengertian kedua kata tadi.
Tulislah perkataan itu pada kotak yang telah disediakan.
Contoh:
Ayam – itik
Kata “unggas” dapat meliputi pengertian kedua kata tersebut.
Oleh karena itu pada isian yang telah disediakan tulis kata “unggas”.
Ayam – itik
Kata “unggas” dapat meliputi pengertian kedua kata tersebut.
Oleh karena itu pada isian yang telah disediakan tulis kata “unggas”.
Contoh berikutnya :
Gaun – celana
Kata “pakaian” dapat meliputi pengertian kedua kata tersebut.
Oleh karena itu pada isian yang telah disediakan tulis kata “pakaian”.
Gaun – celana
Kata “pakaian” dapat meliputi pengertian kedua kata tersebut.
Oleh karena itu pada isian yang telah disediakan tulis kata “pakaian”.
Sub test 5 : Tes Aritmatika
Test berikutnya adalah soal-soal
hitungan.
Contoh:
Sebatang pensil harganya 25 rupiah. Berapakah harga 3 batang ?
Jawabannya adalah : 75
Cara menjawabnya adalah dengan memilih angka jawaban.
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Contoh:
Sebatang pensil harganya 25 rupiah. Berapakah harga 3 batang ?
Jawabannya adalah : 75
Cara menjawabnya adalah dengan memilih angka jawaban.
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Contoh lain:
Dengan sepeda, Husin dapat menempuh 15 km dalam waktu 1 jam. Berapa km-kah yang dapat ia tempuh dalam waktu 4 jam ?
Jawabannya adalah : 60
Cara menjawabnya adalah dengan memilih angka jawaban.
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Dengan sepeda, Husin dapat menempuh 15 km dalam waktu 1 jam. Berapa km-kah yang dapat ia tempuh dalam waktu 4 jam ?
Jawabannya adalah : 60
Cara menjawabnya adalah dengan memilih angka jawaban.
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Sub test 6 : Tes Deret Angka
Pada test berikut akan diberikan
deret angka.
Setiap deret tersusun menurut suatu pola tertentu dan dapat dilanjutkan menurut pola tersebut.
Carilah angka berikutnya untuk setiap deret, dan tulis jawaban saudara pada kotak yang telah disediakan.
Setiap deret tersusun menurut suatu pola tertentu dan dapat dilanjutkan menurut pola tersebut.
Carilah angka berikutnya untuk setiap deret, dan tulis jawaban saudara pada kotak yang telah disediakan.
Contoh:
2 4 6 8 10 12 14 ?
Pada deret ini angka berikutnya selalu didapat jika angka didepannya ditambah dengan 2.
Jawabannya adalah : 16
Tulis jawaban pada titik-titik yang disediakan.
2 4 6 8 10 12 14 ?
Pada deret ini angka berikutnya selalu didapat jika angka didepannya ditambah dengan 2.
Jawabannya adalah : 16
Tulis jawaban pada titik-titik yang disediakan.
Contoh berikutnya:
9 7 10 8 11 9 12 ?
Pada deret ini polanya berganti-ganti harus dikurangi dengan 2 dan setelah itu ditambah dengan 3.
Jawabannya adalah : 10
Tulis jawaban pada titik-titik yang disediakan.
9 7 10 8 11 9 12 ?
Pada deret ini polanya berganti-ganti harus dikurangi dengan 2 dan setelah itu ditambah dengan 3.
Jawabannya adalah : 10
Tulis jawaban pada titik-titik yang disediakan.
Subtest 7 – Tes Potongan Gambar
Pada test berikutnya, setiap soal
memperlihatkan sesuatu bentuk tertentu yang terpotong menjadi beberapa bagian.
Carilah diantara bentuk-bentuk yang terdapat dalam pilihan (a, b, c, d, e), suatu bentuk yang dapat dibangun dengan cara menyusun potongan-potongan yang terdapat dalam soal.
Carilah diantara bentuk-bentuk yang terdapat dalam pilihan (a, b, c, d, e), suatu bentuk yang dapat dibangun dengan cara menyusun potongan-potongan yang terdapat dalam soal.
Jika potongan-potongan pada contoh
di atas disusun (digabungkan), maka akan menghasilkan bentuk B.
Oleh karena itu, pada kertas jawaban pilih jawaban “B”.
Oleh karena itu, pada kertas jawaban pilih jawaban “B”.
Subtest 8 – Tes Kemampuang Ruang
Terdapat sebuah kubus dengan tanda
yang terlihat pada ketiga sisi nya.Kubus tersebut dapat diputar, dapat
digulingkan atau dapat diputar dan digulingkan dalam pikiransaudara.
Carilah 1 (satu) dari 5 (lima) pilihan kubus yang memiliki tanda yang sama dengan kubus yang terdapat pada soal.
Carilah 1 (satu) dari 5 (lima) pilihan kubus yang memiliki tanda yang sama dengan kubus yang terdapat pada soal.
Contoh ini memperlihatkan kubus E
dengan kedudukan yang berbeda.
Mendapatkannya adalah dengan cara memutar ke kanan dua kali kemudian digulingkan ke depan sekali, sehingga sisi kubus yang bertanda dua segiempat hitam terletak di depan dan tanda titik terletak di sudut kanan atas, seperti kubus E.
Oleh karena itu, pilih jawaban “E”.
Mendapatkannya adalah dengan cara memutar ke kanan dua kali kemudian digulingkan ke depan sekali, sehingga sisi kubus yang bertanda dua segiempat hitam terletak di depan dan tanda titik terletak di sudut kanan atas, seperti kubus E.
Oleh karena itu, pilih jawaban “E”.
Sub test 9 : Tes Menghafal Cepat
Anda akan diberikan secarik kertas
mengenai kata-kata yang perlu saudara hafalkan dalam waktu 3 menit.
Setelah 3 menit, kertas tersebut akan diambil kembali oleh pengawas.
Setelah 3 menit, kertas tersebut akan diambil kembali oleh pengawas.
Yaitu seperti contoh :
BUNGA : melati, kamboja, lavender,
anggrek, bougenville
PERKAKAS : gergaji, pisau, dongkrak, tang, obeng
BUAH : ceremai, strawberry, rambutan, zaitun, nenas
NEGARA : indonesia, ekuador, filipina, honduras, vietnam
KOTA : quebec, ujung pandang, wamena, yogyakarta, jepara
PERKAKAS : gergaji, pisau, dongkrak, tang, obeng
BUAH : ceremai, strawberry, rambutan, zaitun, nenas
NEGARA : indonesia, ekuador, filipina, honduras, vietnam
KOTA : quebec, ujung pandang, wamena, yogyakarta, jepara
Contoh :
Kata yang mempunyai huruf permulaan Q adalah suatu……………
A. bunga B. perkakas C. buah D. negara E. kota
Kata yang mempunyai huruf permulaan Q adalah suatu……………
A. bunga B. perkakas C. buah D. negara E. kota
Quebec adalah termasuk dalam jenis
Kota, sehingga jawaban yang benar adalah Kota.
Oleh karena itu pilih jawaban E. Kota.
Oleh karena itu pilih jawaban E. Kota.
Contoh berikutnya:
Kata yang mempunyai huruf permulaan R adalah suatu……………
A. bunga B. perkakas C. buah D. negara E. kota
Kata yang mempunyai huruf permulaan R adalah suatu……………
A. bunga B. perkakas C. buah D. negara E. kota
Rambutan adalah termasuk dalam
jenis Buah, sehingga jawaban yang benar adalah Buah.
Oleh karena itu pilih jawaban C. Buah.
Oleh karena itu pilih jawaban C. Buah.
Kemampuan
berpikir logis dan analitis Tes Penarikan Kesimpulan (Silogisme)
Ketika ayah dan
ibu Hermawan menikah, masing-masing telah memiliki seorang anak. Hermawan lahir
persis setahun setelah perkawinan tersebut,dan memiliki 4 saudara.
jadi kesimpulan
yang bisa ditarik adalah, hermawan punya 2 kakak tiri dan 2 adik kandung.
mereka 5 bersaudara
Merpati terbang
ke utara, merpati adalah burung
kesimpulan yang
bisa didapat : sebagian burung adalah merpati, sebagian burung terbang ke utara
Hesty, Belly, Penky, dan Melly adalah mahasiswa satu angkatan dari universitas
yang sama. Hesty lulus sebelum Belly tetapi sesudah Penky, dan Melly lulus
sebelumPengurus koperasi seharusnya berjiwa sosial, Sebagian ketua RT pernah
menjadi pengurus koperasi.
kesimpulan :
sebagian ketua RT seharusnya berjiwa sosial
Beberapa dosen
bergabung dalam tim Karawitan. Tim Karawitan tidak ada yang menjadi pemain
tenis.
kesimpulan :
beberapa dosen bukan pemain
Semua guide
pandai berbahasa asing. Fido bukanlah seorang guide. Biasanya banyak yang
terjebak untuk menarik kesimpulan bahwa Fido tidak pandai berbahasa asing.
Ini adalah
kesimpulan yang tidak benar. Perhatikan kalimatnya: semua guide pandai
berbahasa asing. Kalimat tersebut tidak dapat dibalik, artinya yang pandai
berbahasa asing bukan hanya guide. Sehingga jika dikatakan Fido bukanlah
seorang guide, maka belum tentu ia tidak pandai berbahasa asing! Jadi, tidak
ada kesimpulan yang benar
Semua hewan
adalah makhluk hidup. Semua makhluk hidup akan mati. kesimpulan: semua hewan
akan mati.
semua bayi minum
ASI. Sebagian bayi diberi makanan tambahan.
kesimpulan:
sebagian bayu minum asi dan diberi makanan
indah lebih
tinggi dari Ade, dan Sulastri lebih pendek dari Indah.
Kesimpulan yang
dapat diambil dari pernyataan di atasadalah
Sulastri dan Ade lebihpendek
Selama semester
ini Budi belum pernah mendapat nilai lebih baik daripada teman-temannya.Heru
termasuk diantara separuh siswa yang terpandai di kelas.Agus lebih pandai
daripada dari Heru dalam pelajaran Matematika.Hasil ulangan Biologi Agus lebih
rendah daripada hasil ulangan Budi.
kesimpulan : budi nilainya paling
jelek heru pandai agus lebih pandai dari heru di matematika budi lebih pandai
dari agus
TES
STANFORD BINET
Contoh soal Binet
·
TAHUN II
MENGENALI
BAGIAN-BAGIAN BADAN
MATERI: Gambar
anak besar
PROSEDUR:
Perlihatkanlah gambar anak itu dan katakanalah:
“Tunjukkan
padaku rambut anak itu”pertanyaan yang sama untuk:
a. Rambut d. Telinga f. tangan
b. Mulut e. Hidung g.mata
c. Kaki
KOMBINASI KATA
PROSEDUR :
Catatlah kombinasi kata-kata anak yang spontan kapan saja selama interview
berlangsung.
SEKOR :kombinasi paling sedikit 2 kata.
Lihatlah standard penyekoran.
·
TAHUN II-6
MEYEBUTKAN BENDA
MATERI: Kursi,
mobil, kotak, kunci, garpu, bendera.
PROSEDUR:
Tunjukanbenda-benda tersebut satu persatu. Suruhlah anak meamai tiap-tiap
benda. Katakana: apakah ini? Atau ini apa namanya ?berikan dengan urutan
sebagai berikut:
a. Kursi c. Kotak e. garpu
b. Mobil d. Kunci f. Bendera
·
TAHUN III
MENGGAMBAR GARIS ERTIKAL
PROSEDUR:berikan anak sebatang pensil, dan sambil menggambar garis
vertical, katakana: Gambarlah seperti ini. Gambarlah disini. Beri contoh satu
kali saja.berikan satu percobaan
SEKOR:Lihatlah standard penyekoran
·
TAHUN III-6
PROSEDUR:Tanyakan:
a. Apa
yang harus kamu kerjakan kalau kamu haus?
b. Mengapa
kita punya komor
Apabila tidak ada jawaban ulangi pertanyaan itu
SEKOR 1.Plus. Lihatlah standard Penyekoran
·
TAHUN IV
PERBENDAHARAAN KATA GAMBAR
MATERI:18 kartu kecil 5cm x 10 cm gambar benda-benda yang umum
PROSEDUR: Tunjukan kartu itu satu persatu. Katakana: apa ini?ini apa?
SEKOR:14 Plus. Lihat standard penyekoran
·
TAHUN 1V-6
PERBANDINGAN KEINDAHAN
MATERI: Tiga katu dengan gambar untuk dibandingkan(buku besar halaman
16-18)
PROSEDUR: Perlihatkan kartu-kartu itu ganti-ganti dan tanyakan: yang mana
yang lebih bagus?
·
TAHUN V
DEINISI
PROSEDUR: Katakan: apakah bola ini? Bila diperlukan doronglah dengan
perkataan:” kamu tahu bola,bukan?katakan apakah bola itu?” pakailah kata-kata
yang sama untuk topi dan kompor.
a. Bola b.topi c.kompor
SEKOR: 2 Plus. Lihat standard penyekoran
·
TAHUN VI
PROSEDUR: Katakan:
a. Gunting
dibuat dari besi, botol dibuat dari......
b. Burung
terbang, ikan......
c. Ujung
sedok tumpul, ujung garpu.....
d. Satu
cm adalah pendek, satu km adalah.....
·
TAHUN VII
KESAMAAN :DUA BENDA
PROSEDUR:katakana”apakah kesamaan.....dan.....?
a. Kayu
dan arang
b. Jambu
dan mangga
c. Kapal
dan mobil
d. Besi
dan perak
·
TAHUN VIII
MENGINGAT CERITERA:JATUH BASAH KUYUP
MATERI: kartu dengan ceritera itu (buku besar halaman 25)
PROSEDUR: katakana:ini adalah suatu cerita tentang jatuh basah kutup,
dengarlah sungguh-sunggguh bila saya membacanya, karena saya akan menanyakan
beberapa pertanyaan megenai cerita itu. Berilah anak kartu dengan cerita itu
dan mintalah dia mengikuti apabila anda membacanya.
JATUH BASAH KUYUP
Ada seorang anak perempuan bernama siti.Ia berdiam di desa dengan
kakaknya yang bernama didik. Pada suatu hari ayah mereka memberikan merek
seekor kuda mereka sangat senang.pada suatu ketika didik sedang menaikinya, kuda
itu menjadi ketakutan dan lari. Didik yang malang terjatuh kedalam becekan.
Siti tertawa terbahak-bahak ketika ia melihatnya. Ia penuh lumpur dari kepala
sampai kaki. Pertanyaan:
a. apakah nama dari ceritera itu?
b. siapakah nama kakak siti?
c. dimana mereka diam?
d. siapakah yang member mereka kuda?
e. apakah yang terjadi?
·
TAHUN IX
KEANEHAN –KEANEHAN VERBAL II
PROSEDUR: bacalah tiap-tiap pertanyaan dan setelah membacanya,
tanyakan”apa yang aneh dalam peryataan itu? Biasanya jawaban kurang jelas tanpa
ada keterangan lebih lanjut.apalagi bila tidak jelas apakah subjek melihat
keanehan, tester harus bertanya:mengapa itu anah?
a. Kak
si didi begitu besar sehingga kalau memakai celana harus melalui kepala.
b. Seorag
laki-laki pergi kekantor pos dan menanyakan apakah ada suratuntuk dirinya.
Siapa nama anda? Tanya pegawai pos iti. Orang laki-laki itu menjawab: anda
Tanya saya? Kan nama saya sudah tertera pada amplop surat itu.
c. Pemadam
kebakaran pergi dengan tergesa-gesa kerumah yang terbakar, dipersiapkannya
selang-selang airnya dan setelah menghabiskan rokok sebatang dipadamkannya
kebakaran iitu
d. Didalam
sebuah makam yang tua dijawa timur orang mwnwmukan sebuah tengkorak kecil, yang
dianggap sebagai tengkorak airlangga ketika ia berumur 10tahun.
e. Pada
suatu hari sekelompok pelaut melihat gunung es yang seluruhnya telah mencair.
·
TAHUN X
KATA-KATA ABSTRAK
PROSEDUR: katakana :apakah yang dimaksud dengan...? atau apakah arti...?
a.belas kasihan
b.duka
c.keinginan
d.mengagumkan
jawaban mengenai kata-kata abstrak biasanya kurang jelas. Maka diminta
keterangan lebih lanjut. Ya tetapinapakah yang dimaksud dengan....... atau ya
tetapi apakah......
·
TAHUN XI
PROSEDUR: Katakan: dengarkan, perhatikan apakah engkau dapat memahami apa
yang say abaca.
Dani pergi berjalan-jalan
didalam hutan.Ia melihat seekor binatang kecil yang ditangkapnya untuk
diperihara dirumah. Akan tetapi kemudian terlepas lagi. Ketika ia sampai rumah.
Orang tuanya segera mencuci pakaian yang dipakainya.Mengapa?
·
TAHUN XII
KEANEHAN GAMBAR II
MATERI: gambar bayangan(buku besar besar halaman 28)
PROSEDUR: Sambil menunjukan gambar, tanyakan apakah yang aneh mengenai
gambar ini? Apabila jawaban tidak jelas katakana mengapa itu aneh?
·
TAHUN XIII
MENGINAT KALIMAT III
PROSEDUR: sebelum mengucapkan tiap-tiap kalimat, katakana:
Denagarkan, dan tirukan persis sama dengan yang saya katakana
a. Kapal
terbang itu mendarat denga hati-hati
landasan
b. Anjing
pak tani melarikan sepotong tulang besar
SEKOR: 1 Plus. Tanpa salah.Kesalahan termasuk mengurangi, mengganti dan
mengubah kata-kata atau urutan kata.
WAIS
(WECHSLER ADULT INTELIGENCE SCALE)
CONTOH SOAL
PETUNJUK:tempatkan daftar kata didepan subyek dan
katakan:saya ingin saudara menyebutkan arti-arti berapa kata. mari kita mulai
dengan...... apa arti......?setiap menjawab tunjukan kata pada daftar.
·
DAFTAR
KATA-KATA
1.
tempat
tidur
2.
perahu
3.
sen
4.
kemarau
5.
reparasi
·
MELENGKAPI
GAMBAR
PETUNJUK: mulai dengan kartu I. sebelum
mengemukakan gambar pertama, katakan: saya akan menunjukan kepada saudara
beberapa gambar yang ada bagian penting yang hilang.periksa tiap-tiap gambar
dan katakan pada saya apa yang hilang.
BATAS WAKTU 20 detik untuk tiap –tiap soal.
GAMBAR BAGIAN
YANG HILANG
Pintu...................................................
Bukaan(pegangan)
babi.....................................................
Ekor
wanita.................................................
Hidung
Montor...............................................
pegangan pintu
kartu...................................................
intan
·
RANCANGAN
BALOK
PETUNJUK: Mulai dengan Rancangan I untuk semua
subyek. ambil empat balok dan katakan: “periksailah balok-balok ini. semua
sama. pada beberapa sisinya semuanya merah: pada sisi-sisi yang lain semuanya
putih; dan pada sisi-sisi lainya lagi, separoh merah dan separoh putih. bolak
baliklah baloknya kemudian katakan: sayanakan mengumpulkan balok-balok ini untuk
membuat suatu rancangan. periksalah! atur empat balok itu secara pelan-pelan
menjadi suatu rancangan seperti dalam kartu 1, tanpa menunjukan kartu 1 kepada
subyek. kemudian, biar model itu dengan utuh, berikan empat balok lainnya
kepada subyek dan kataka:nah, buatlah lainnya seperti ini. bilamana subyek
menyelesaikan dengan betakan: nah, butuhlah lainnya seperti ini. bilamana
subyek menyelesaikan dengan benar rancangannya dalam batas waktu, nilai 4 angka
dan lanjutkan dengan rancangan 2.
bilamana subyek gagal dalam penyelesaian
rancangan dengan atas waktu atau mengatur balok-balok dengan tidak benar, ambil
ambil balok-baloknya biarkan model( contoh) penguji tetap utuh dan katakan
PERIKSA LAGI!
Beri demonstrasi yang kedua
dengan menggunakan balok-balok subyek kemudian campur aduk balok-balok itu,
dengan contoh penguji tetap utuh, dan katakan: nah, saudara mencoba lagi dan
ingat membuat yang lain tepat seperti kepunyaan saya. baik subyek berhasil atau
gagal dalam percobaan, lanjutkan dengan rancangan yang ke 2.
kadang-kadang subyek akan
mencoba meniru contoh penguji dengan tepat, termasuk sisi-sisinya. bilamana hal
semacam itu terjadi pada rancangan satu, katakan bahwa hanya sisi-sisi atas
yang ditiru.
rancangan II apabila
balok-balok untuk mencontoh rancangan 1 dan atur menurut kartu yang bertanda 2.
katakan: “sekarang kita akan mengatur balok ini sesuai dengan gambar ini.
periksa saja”. bangunlah rancangan dengan pelan-pelan untuk memberikan
kesempatan kepada subyek memeriksa bahwa rancangan itu meniru rancangan kartu
2. kemudian campur aduk balok-balok yang digunakan dalam demonstrasi, berikan
kepada subyek, dan katakan: nah, lihat gambar ini dan buatlah satu, tepat
seperti ini dengan balok-balok ini. kerjakan dan katakan bila saudara telah
selesai.
bilamana subyek berhasil dalam
percobaan ini, lanjutkan dengan rancangan 3. bila dia gagal, beri demostrasi
untuk kedua kalinya, katakan: “lihat saya lagi”. sesudah menyelesaikan
rancangan , campur aduk balok-baloknya dan katakan: nah, cobalah ini” baik
subyek berhasil atau tidak dalam percobaan kedua, dengan rancangan3.
rancangan 3-10 tempatkan kartu
untuk rancangan 3 didepan subyek dan beri dia empat balok. katakan: nah,
buatlah seperti ini. katakan kepada saya kalau saudara sudah selesai. bilamana
subyek memberikan tanda bahwa dia telah selesai atau waktuntelah berakhir,
campur balok-balok dan berikan rancangan 4 serta:” nah, buat suatu seperti ini,
kerjakan , beritahu saya kalau anda sudah selesai. ikut prosedur ini untuk
secara rancangan berikutnya.
jika telah selesai rancangan
7, keluarkan lima balok lainnya dan katakan: “nah, buatlah satu seperti ini,
dengan menggunakan sembilan balok lainnya dan katakan : “nah, buatlah satu
seperti ini, dengan menggunakan sembilan balok. jangan lupa memberitahu saya
kalu saudara telah sesuai”. untuk rancangan 10,subyek tidak diijinkan membalik
kartu memperoleh dasar yang rata. akan tetapi, beri nilai sepenuhnya bila
reproduksinya pada rancangan ini putar tidak lebih dari 450
batas waktu: rancangan
1-2:60ndetik
(catatan waktu secara optimal)
rancangan 3-6:60 detik
rancangan
7-10:120 detik
catatlah waktu yang diambil untuk menyelesaikan
tiap-tiap rancangan bilamana hal itu dikerjakan dengan benar dalam batas:
hadiah diberikan untuk pekerjaan-pekerjaan yang cepat pada rancangan 7-10
hentikan: sesudah gagal tiga kali berturut-turut.
kegagalan pada kedua percobaan baik rancangan 1 atau rancangan 2 dihitung atau
kegagalan.
·
PERSAMAAN
Hentikan sesudah gagal 4 berturut-turut
jeruk...........................pisang
baju jas....................... kemeja
kapak...........................gergaji
anjing........................kucing
utara........................ selatan
mata........................ telinga
udara...................... air
#semoga bermanfaat#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar